Jumat, 10 Oktober 2014

TUGAS SOFTSKILL 1 (Desain Pemodelan Grafik)

Pemahaman Desain Pemodelan Grafis
Nama   : Yesaya Samuel Wandawa
NPM   : 57412808
Kelas   : 3IA18

 http://www.convertirevideo.com/wp-content/uploads/2013/04/2d-to-3d.jpg

Desain
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur , dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja . Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Pemodelan Grafik
Pemodelan Grafik adalah perancangan suatu objek seperti huruf,simbol atau gambar ataupun manipulasi model dan citra melalui beberapa langkah saat pembuatannya.

Desain pemodelan grafik
Desain pemodelan grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.

Sejarah Desain Pemodelan Grafik
Pada zaman dahulu kala nenek moyang dari manusia sudah membuat gambar dimana dengan menggunakan gambar tersebut ada sebuah informasi yang ingin disampaikan dari gambar yang sangat besar dan panjang namun memiliki informasi atau arti yang tidak sebanding dengan besarnya dan panjangnya gambar yang di ciptakan sampai gambar yang sangat kecil namun memiliki arti yang sangat penuh makna. Sejarah desain grafik sendiri memiliki banyak tahapan diantaranya :

1851 The Great Exhibition
Diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851, pada saat Revolusi industri. Pameran besar ini menonjolkan budaya dan industri serta merayakan teknologi industri dan disain. Pameran digelar dalam bangunan berupa struktur besi-tuang dan kaca, sering disebut juga dengan Istana Kristal yang dirancang oleh Joseph Paxton.

1910, Modernisme
Modernisme terbentuk oleh urbanisasi dan industrialisasi dari masyarakat Barat. Sebuah dogma yang menjadi nafas desain modern adalah "Form follow Function" yang di lontarkan oleh Louis Sullivan.Symbol terkuat dari kejayan modernisme adalah mesin yang juga diartikan sebagai masa depan bagi para pengikutnya. Desain tanpa dekorasi lebih cocok dengan “bahasa mesin”, sehingga karya-karya tradisi yang bersifat ornamental dan dekoratif dianggap tidak sesuai dengan “estetika mesin”.

1916, Dadaisme dan De Stijl
Suatu pergerakan seni dan kesusasteraan (1916-1923) yang dikembangkan mengikuti masa Perang Dunia Pertama dan mencari untuk menemukan suatu kenyataan asli hingga penghapusan kultur tradisional dan bentuk estetik. Dadaisme membawa gagasan baru, arah dan bahan, tetapi dengan sedikit keseragaman. Prinsipnya adalah ketidakrasionalan yang disengaja, sifat yang sinis dan anarki, dan penolakan terhadap hukum keindahan. Gaya yang berasal dari Belanda, De Stijl adalah suatu seni dan pergerakan disain yang dikembangkan sebuah majalah dari nama yang sama ditemukan oleh Theo Van Doesburg. De Stijl menggunakan bentuk segi-empat kuat, menggunakan warna-warna dasar dan menggunakan komposisi asimetris. Gambar dibawah adalah Red and Blue Chair yang dirancang oleh Gerrit Rietveld.

1918 - 1919, Constructivism dan Bauhaus
Suatu pergerakan seni modern yang dimulai di Moscow pada tahun 1920, yang ditandai oleh penggunaan metoda industri untuk menciptakan object geometris. Constructivism Rusia berpengaruh pada pandangan moderen melalui penggunaan huruf sans-serif berwarna merah dan hitam diatur dalam blok asimetris. Bauhaus dibuka pada tahun 1919 di bawah arahan arsitek terkenal Walter Gropius. Sampai akhirnya harus ditutup pada tahun 1933, Bauhaus memulai suatu pendekatan segar untuk mendisain mengikuti Perang Duni Pertama, dengan suatu gaya yang dipusatkan pada fungsi bukannya hiasan.

1928-1930, Gill Sans
Tipograper Eric Gill belajar pada Edward Johnston dan memperhalus tipe huruf Underground ke dalam Gill Sans. Gill Sans adalah sebuah jenis huruf sans serif dengan proporsi klasik dan karakteristik geometris lemah gemulai yang memberinya suatu kemampuan beraneka ragam (great versatility). 1950s, International Style International atau Swiss style didasarkan pada prinsip revolusioner tahun 1920an seperti De Stijl, Bauhaus dan Neue Typography, dan itu menjadi resmi pada tahun 1950an. Grid, prinsip matematika, sedikit dekorasi dan jenis huruf sans serif menjadi aturan sebagaimana tipografi ditingkatkan untuk lebih menunjukkan fungsi universal daripada ungkapan pribadi.

1960s, Psychedelia and Pop Art
Kultur yang populer pada tahun 1960an seperti musik, seni, disain dan literatur menjadi lebih mudah diakses dan merefleksikan kehidupan sehari-hari. Dengan sengaja dan jelas, Pop Art berkembang sebagai sebuah reaksi perlawanan terhadap seni abstrak. Gambar dibawah adalah sebuah poster karya Milton Glaser yang menonjolkan gaya siluet Marcel Duchamp dikombinasikan dengan kaligrafi melingkar. Di cetak lebih dari 6 juta eksemplar.

1984, Émigré
Majalah disain grafis Amerika, Émigré adalah publikasi pertama untuk menggunakan komputer Macintosh, dan mempengaruhi perancang grafis untuk beralih ke desktop publishing ( DTP). Majalah ini juga bertindak sebagai suatu forum untuk eksperimen tipografi.



Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form ), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance ), ritme ( rhythm), tekanan (emphasis ), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity ),.kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.


Peralatan Desain Grafis
Peralatan utama yang digunakan dalam desain grafis adalah pikiran (ide). Disamping teknologi (komputer) sebuah desain grafis yang baik membutuhkan kreatifitas. Pada pertengahan 1980 , kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional
tanpa perlu menuntut banyak ruang. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.


http://austinvisuals.com/wp-content/uploads/2013/03/mario2d3d.jpg

Desain Grafis Komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik (X dan Y) sebagai contoh adalah:gambar teks,bangun 2D seperti segitiga,lingkaran dsb. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

Desain Grafik Komputer 3D
Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik (X, Y dan Z) perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat- perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma.


Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Illustrator
  • Adobe Indesign
  • Coreldraw
  • GIMP
  • Inkscape
  • Adobe Freehand
  • Adobe image ready
  • CorelDraw
  • Adobe Page Maker
  • Paint Tool SAI
Webdesign
  • Adobe Dreamweaver
  • Microsoft Frontpage
  • Notepad
  • Adobe Photoshop
Audiovisual
  • Adobe After Effect
  • Adobe Premier
  • Final Cut
  • Adobe Flash, atau sebelumnya
  • Macromedia Flash
  • Ulead Video Studio
  • Magic Movie Edit Pro
  • Power Director
Rendering 3 Dimensi
  • 3D StudioMax
  • Maya
  • AutoCad
  • Google SketchUp
  • Light Wave
  • BlenderSoftimage

Sumber:
id.m.wikipedia.org/wiki/Desain
http://sjrdesgrafison.blogspot.com
id.m.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
yogahoho.wordpress.com/2012/10/08/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafis/

Minggu, 09 Maret 2014

Tim Berners Lee

Tim Berners Lee adalah seorang ilmuwan komputer asal Inggris yang mempunyai prestasi dengan menciptakan World Wide Web ( WWW ) . Berners - Lee memungkinkan sistem untuk dapat melihat halaman web ( dokumen hypertext ) melalui internet . Beliau juga menjabat sebagai direktur fo World Wide Web Consortium ( W3C ) yang standar luar negeri untuk internet dan world wide web . Berners - Lee juga telah khawatir tentang isu-isu yang berkaitan dengan kebebasan informasi dan sensor di internet .


Biografi Tim Berners - Lee

Berners - Lee leeTim Berners lahir pada 8 Juni 1955 di London , Inggris . Setelah melakukan Tingkat A nya di Emanuel School, ia pergi ke Queen College, Oxford University , di mana ia menerima gelar kelas pertama dalam fisika .

Setelah lulus , dia mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan percetakan di Plessey Poole . Dari tahun 1980, ia bekerja sebagai kontraktor independen di CERN di Swiss . Bagian penting dari pekerjaannya melibatkan berbagi informasi dengan para peneliti di lokasi geografis yang berbeda . Untuk membantu proses ini , ia menyarankan sebuah proyek berdasarkan penggunaan hypertext ( bahasa untuk berbagi teks elektronik ) Prototipe pertama adalah sistem yang dikenal sebagai Enquire .

Internet telah dikembangkan sejak 1960-an sebagai cara untuk mentransfer informasi antara komputer yang berbeda . Namun, Tim Berners Lee berusaha untuk memanfaatkan node internet dan menggabungkannya dengan hypertext dan ide domain .

Tim Berners Lee kemudian mengatakan bahwa semua teknologi yang terlibat dalam web tersebut telah dikembangkan - ' hypertext ' , internet , kontribusinya adalah untuk menempatkan mereka semua bersama-sama dalam satu paket komprehensif .

Pada tahun 1990 , dengan bantuan dari Robert Cailliau dia memproduksi versi pertama dari World Wide Web , web browser pertama dan server web pertama . Hal itu menaruh online pada tahun 1991 . " Info.cern.ch adalah alamat situs web pertama kalinya di dunia dan web server , berjalan pada sebuah komputer NeXT di CERN . Alamat halaman web pertama http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject . html .
Pada dasarnya kontribusi world wide web , adalah untuk membuat mudah bagi orang untuk melihat halaman web hypertext di mana saja di internet . Unsur-unsur dasar dari perkembangan baru ini adalah :

Sebuah sistem universal untuk mengenali lokasi halaman web ( Uniform Resource Locator , URL )
HTML - Hypertext markup Bahasa - bagaimana halaman web yang diterbitkan .
Hypertext transfer protocol ( HTTP ) - server up halaman Web berdasarkan permintaan .
Atau seperti Tim Berners - Lee mengatakan :

Aku hanya harus mengambil gagasan hypertext dan menghubungkannya ke TCP dan ide-ide dan DNS - ta - da - World Wide Web .

Jawaban Tim Berners - Lee untuk Orang Muda
Pada tahun 1994 , Berners - Lee mendirikan W3C ( World Wide Web konsorsium ) di Laboratorium Ilmu Komputer ( LCS ) di Massachusetts Institute of Technology di Boston . Ini adalah sebuah organisasi untuk mencoba untuk meningkatkan kualitas dan standar world wide web . Dia bisa mencoba untuk menguangkan ciptaan-Nya , tetapi memutuskan untuk menawarkan world wide web dengan ada paten dan royalti . Berners - Lee mengatakan jika ia bukan orang lain akan datang dengan ide bebas nanti .

Sebagai pendiri world wide web , Tim Berners Lee memiliki profil yang relatif tinggi dan ia sering berbicara untuk kebebasan informasi dan netralitas bersih - dengan alasan bahwa pemerintah tidak harus terlibat dalam penyensoran internet . Dia telah menyatakan keprihatinan AS mungkin pindah ke sistem internet two tier

Ketika saya menemukan web, saya tidak perlu meminta izin siapa pun . Sekarang , ratusan juta orang yang menggunakannya secara bebas . Saya khawatir bahwa itu akan berakhir di Amerika Serikat .

Pada tahun 2009 , ia bekerja di sebuah proyek yang didirikan oleh Gordon Brown untuk membantu membuat data Inggris lebih tersedia untuk umum . Data.gov.uk

Dia telah menerima banyak pesanan termasuk OBE , knighthood dan Order of Merit - menjadi salah satu dari hanya 24 anggota hidup berhak kehormatan . Dia adalah ksatria pada tahun 2004 ' untuk layanan untuk pengembangan global Internet "

Tim Berners Lee diakui untuk penemuan world wide web di Olimpiade upacara pembukaan 2012. Dia berkata " ini adalah untuk semua orang " di Olimpiade London 2012 .

Pada tanggal 30 Maret 2011, ia adalah salah satu dari tiga penerima penghargaan Mikhail Gorbachev untuk " The Man Who Changed the World " , pada penghargaan yang diadakan di London . Para penerima lainnya adalah Evans Wadongo untuk pengembangan tenaga surya dan pekerjaan anti - kemiskinan di Afrika , dan media mogul Ted Turner .

Dia telah menikah dua kali, yang pertama dengan Jane Northcote . Dia menikah lagi dengan Nancy pada tahun 1990 . Mereka memiliki tiga anak.

Kamis, 30 Januari 2014

JARINGAN KOMPUTER

Defenisi jaringan komputer secara umum adalah perkembangan teknologi komputer dan komunikasi, dimana suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugastugas komputasi suatu organisasi yang dilakukan oleh satu atau sekumpulan komputer yang terpisah‐pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network). Secara khusus Jaringan komputer (yang selanjutnya akan dibahas dengan menggunakan istilah ‘jaringan’) adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya, dan menggunakan suatu protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi dan bertukar informasi. Kategori jaringan komputer (LAN, WAN, MAN, SAN, PAN, VPN) yang diimplementasikan pada suatu area tergantung dari kebutuhan dan geograpi yang ada.
Tujuan dari dibangunnya suatu jaringan komputer adalah mengantarkan informasi secara tepat dan akurat dari sisi pengirim ke sisi penerima.
Manfaat Jaringan Komputer
Secara umum, jaringan komputer tentunya memiliki beberapa manfaat dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Manfat‐manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
a. Berbagi sumber daya (sharing resources)
Berbagi sumber daya bertujuan agar seluruh program, peralatan, atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
b. Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk eleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainya. Dengan demikian, orang‐orang yang jaraknya berjauhan akan lebih mudah untuk bekerja sama. Contohnya adalah pengerjaan sebuah dokumen bersama dari dua tempat yang berbeda. Hal seperti ini yang dapat membuat kinerja tim menjadi efektif.
c. Integrasi data
Pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat. Setiap proses data tidak harus dilaukkan pada satu komputer saha, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Pengembangan dan pemeliharaan Dengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah, karena adanya kemampuan berbagi peralatan melalui jaringan. Jaringan komputer juga dapat memudahkan pemakai dalam merawat hard disk dan peralatan lainnya. Contohnya untukmemberikan perlindungan terhadap serangan virus. Kemudahan tersebut disebabkan karena pengguna hanya perlu memusatkan perhatian pada hard disk yang ada pada server atau komputer pusat.
d. Keamanan data
Sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminan keamanan tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password, serta perlindungan terhadap hard disk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif. Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini. Dengan pembagian sumber daya pada jaringan komputer, maka pemekai dapat memperoleh hasil maksimal dan kualitas yang tinggi. Kemudahan pengaksesan juga berakibat pada tingginya kecepatan pembaharuan informasi yang ada.

REVERENSI
Davit Kurniawan, 2008. Pengantar Jaringan Komputer. Jakarta
id.wikipedia.org/‎

GRID COMPUTING

Grid computing merupakan suatu aplikasi pengembangan dari sebuah jaringan komputer (network). Grid computing ini tidak seperti jaringan komputer konvensional biasa yang biasanya hanya berfokus pada komunikasi antar piranti. Aplikasi pada grid computing ini dirancang untuk memanfaatkan keberadaan sumber daya pada terminal dalam jaringan-jaringannya. Grid computing pada umumnya diterapkan pada sebuah fungsi yang terlalu kompleks atau terlalu intensif untuk dikerjakan oleh satu sistem yang tunggal.
Dalam pengertian yang lebih teknis, Grid computing ini merupakan suatu sistem komputasi yang terdistribusi, memungkinkan seluruh sumber daya (resource) dalam jaringan seperti, pemrosesan, bandwidth jaringan, dan kapasitas media penyimpan, akan membentuk sebuah sistem tunggal secara virtual. Bisa diambil contoh yaitu para pengguna internet yang mengakses berbagai situs web dan menggunakan berbagai protokol yang seakan-akan dalam sebuah sistem yang berdiri sendiri, maka pengguna aplikasi Grid computing seolah-olah akan menggunakan sebuah virtual komputer dengan kapasitas pemrosesan data yang sangat besar.
Menurut definisi, Grid Computing (Komputasi Grid) ini merupakan salah satu dari tipe Komputasi Paralel yaitu menggunakan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah secara geografis namun tersambung via jalur komunikasi (termasuk Internet) untuk memecahkan persoalan komputasi yang berskala besar. Semakin cepat jalur komunikasi terbuka, maka peluang untuk menggabungkan kinerja komputasi dari sumber-sumber komputasi yang terpisah menjadi semakin meningkat. Dengan demikian, skala komputasi terdistribusi dapat ditingkatkan secara geografis lebih jauh lagi, melintasi batas-batas domain administrasi yang ada.

Konsep Grid computing pertama kali dieksplorasi pada tahun 1995 melalui eksperimen yang dikenal dengan I-WAY, dimana jaringan berkecepatan tinggi digunakan untuk menghubungkan dalam waktu singkat, sumber daya yang sifatnya high-end pada 17 situs di sepanjang Amerika bagian Utara. Selepas I-WAY, berkembang pula sejumlah proyek penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi inti Grid computing untuk hal-hal yang lebih “produktif” bagi berbagai komunitas dan disiplin keilmuan. Tidak kurang dari badan bernama National Technology Grid bentukan US National Science Foundation (Lembaga Ilmu Pengetahuan AS), yang bekerjasama dengan Information Power Grid dari NASA (badan luar angkasa Amerika Serikat), bersama-sama membentuk sebuah infrastruktur Grid computing untuk melayani kegiatan para peneliti di NASA maupun berbagai universitas di Amerika Serikat.

KEAMANAN JARINGAN DAN KEAMANAN INTERNET

Keamanan jaringan telah menjadi hal yang sangat penting untuk pengguna komputer pribadi, organisasi, maupun militer. Dengan munculnya internet, keamanan menjadi perhatian utama dan sejarah keamanan memungkinkan pemahaman yang lebih baik dari munculnya teknologi keamanan. Struktur internet itu sendiri diperbolehkan bagi banyak ancaman keamanan terjadi. Arsitektur internet, ketika dimodifikasi dapat mengurangi kemungkinan serangan yang dapat dikirim melalui jaringan.

Sistem dan teknologi jaringan merupakan kunci teknologi untuk berbagai macam aplikasi. Keamanan sangat penting untuk jaringan dan aplikasi. Meskipun, keamanan jaringan merupakan persyaratan penting dalam jaringan yang muncul, ada kekurangan yang signifikan dari metode keamanan yang dapat dengan mudah diimplementasikan.

IP Security (IPSec)

IPSec (singkatan dari IP Security) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork berbasis TCP/IP. IPSec mendefiniskan beberapa standar untuk melakukan enkripsi data dan juga integritas data pada lapisan kedua dalam DARPA Reference Model (internetwork layer). IPSec melakukan enkripsi terhadap data pada lapisan yang sama dengan protokol IP dan menggunakan teknik Tunnelinguntuk mengirimkan informasi melalui jaringan Internet atau dalam jaringan Intranet secara aman. IPSec didefinisikan oleh badan Internet Engineering Task Force (IETF) dan diimplementasikan di dalam banyak sistem operasi. Windows 2000 adalah sistem operasi pertama dari Microsoft yang mendukung IPSec.

IPSec diimplementasikan pada lapisan transport dalam OSI Reference Model untuk melindungi protokol IP dan protokol-protokol yang lebih tinggi dengan menggunakan beberapa kebijakan keamanan yang dapat dikonfigurasikan untuk memenuhi kebutuhan keamanan pengguna, atau jaringan. IPSec umumnya diletakkan sebagai sebuah lapisan tambahan di dalam stack protokol TCP/IP dan diatur oleh setiap kebijakan keamanan yang diinstalasikan dalam setiap mesin komputer dan dengan sebuah skema enkripsi yang dapat dinegosiasikan antara pengirim dan penerima. Kebijakan-kebijakan keamanan tersebut berisi kumpulan filter yang diasosiasikan dengan kelakuan tertentu. Ketika sebuah alamat IP, nomor port TCP dan UDP atau protokol dari sebuah paket datagram IP cocok dengan filter tertentu, maka kelakukan yang dikaitkan dengannya akan diaplikasikan terhadap paket IP tersebut.

IPSec merupakan enkripsi public/private key , dirancang oleh CISCO System, menggunakan DES 40-bit dan authentication, built-in pada produk CISCO, solusi tepat untuk Virtual Private Network (VPN) dan Remote Network Access.

Dalam sistem operasi Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003, kebijakan keamanan tersebut dibuat dan ditetapkan pada level domain Active Directory atau pada host individual dengan menggunakan snap-in. IPSec Management dalam Microsoft Management Console (MMC). Kebijakan IPSec tersebut, berisi beberapa peraturan yang menentukan kebutuhan keamanan untuk beberapa bentuk komunikasi. Peraturan-peraturan tersebut digunakan ntuk memulai dan mengontrol komunikasi yang aman berdasarkan sifat lalu lintas IP, sumber lalu lintas tersebut dan tujuannya. Peraturan-peraturan tersebut dapat menentukan metode-metode autentikasi dan negosiasi, atribut proses tunnel ing, dan jenis koneksi.

Untuk membuat sebuah sesi komunikasi yang aman antara dua komputer dengan menggunakan IPSec, maka dibutuhkan sebuah framework protokol yang disebut dengan ISAKMP/Oakley. Framework tersebut mencakup beberapa algoritma kriptografi yang telah ditentukan sebelumnya, dan juga dapat diperluas dengan menambahkan beberapa sistem kriptografi tambahan yang dibuat oleh pihak ketiga.

Selama proses negosiasi dilakukan, persetujuan akan tercapai dengan metode autentikasi dan kemanan yang akan digunakan, dan protokol pun akan membuat sebuah kunci yang dapat digunakan bersama (shared key) yang nantinya digunakan sebagi kunci enkripsi data. IPSec mendukung dua buah sesi komunikasi keamanan, yakni sebagai berikut:
•    protokol Authentication Header (AH): menawarkan autentikasi pengguna dan perlindungan dari beberapa serangan (umumnya serangan man in the middle), dan juga menyediakan fungsi autentikasi terhadap data serta integritas terhadap data. Protokol ini mengizinkan penerima untuk merasa yakin bahwa identitas si pengirim adalah benar adanya, dan data pun tidak dimodifikasi selama transmisi. Namun demikian, protokol AH tidak menawarkan fungsi enkripsi terhadap data yang ditransmisikannya. Informasi AH dimasukkan ke dalam header paket IP yang dikirimkan dan dapat digunakan secara sendirian atau bersamaan dengan protokol Encapsulating Security Payload.
•    protokol Encapsulating Security Payload (ESP): Protokol ini melakukan enkapsulasi serta enkripsi terhadap data pengguna untuk meningkatkan kerahasiaan data. ESP juga dapat memiliki skema autentikasi dan perlindungan dari beberapa serangan dan dapat digunakan secara sendirian atau bersamaan dengan Authentication Header. Sama seperti halnya AH, informasi mengenai ESP juga dimasukkan ke dalam header paket IP yang dikirimkan.

Beberapa perangkat keras serta perangkat lunak dapat dikonfigurasikan untuk mendukung IPSec, yang dapat dilakukan dengan menggunakan enkripsi kunci publik yang disediakan oleh Certificate Authority (dalam sebuah public key infrastructure) atau kunci yang digunakan bersama yang telah ditentukan sebelumnya (skema Pre-Shared Key/PSK) untuk melakukan enkripsi secara privat.


KEAMANAN JARINGAN NIRKABEL

6 Langkah Pengamanan Dasar Jaringan:
  1. Ubahlah Sistem ID (Identitas). Biasanya suatu layanan nirkabel dilengkapi dengan suatu standart pengamanan identitas atau yang sering disebut SSID (Service Set Identifier) or ESSID (Extended Service Set Identifier). Sangat mudah bagi seorang hacker untuk mencari tahu identitas default dari suatu layanan atau jaringan, jadi sebaiknya Anda segera mengubahnya menjadi suatu identitas yang unik, yang tidak mudah ditebak orang lain. 
  2. Mematikan identitas pemancar. Dengan mengumumkan kepada umum bahwa Anda memiliki suatu jaringan nirkabel akan membuat para hacker penasaran untuk membobol jaringan nirkabel Anda. Mempunyai suatu jaringan nirkabel bukan berarti harus memberitahukannya kepada semua orang. Periksalah secara manual perangkat keras yang Anda pakai untuk jaringan nirkabel tersebut, dan pelajarilah bagaimana cara mematikannya.
  3. Sediakanlah enkripsi. WEP (Wired Equivalent Privacy) and WPA (Wi-Fi Protected Access) dapat meng-enkripsi data Anda sehingga hanya penerima saja yang diharapkan dapat membaca data tersebut. WEP (Wired Equivalent Privacy) mempunyai banyak kelemahan yang membuatnya mudah disusupi. Kunci 128-bit hanya mempunyai tingkat pencapaian yang relatif rendah tanpa peningkatan keamanan yang signifikan, sedangkan untuk 40-bit atau 64-bit pada beberapa perlengkapan lainnya, mempunyai enkripsi yang sama baiknya. Dengan cara pengamanan yang standart saja pastilah tetap akan mudah bagi hacker untuk menyusup, namun dengan cara enkripsi ini pastilah akan membuat jaringan Anda lebih aman dari hacker. Jika memungkinkan, ada baiknya untuk menggunakan enkripsi WPA (peralatan yang lebih tua dapat diupgrade terlebih dahulu agar compatible dengan WPA). WPA dapat sangat menjanjikan dalam menjamin keamanan jaringan nirkabel Anda, namun masih tetap dapat dikalahkan oleh serangan DOS (denial of services).
  4. Membatasi dari penggunaan traffic yang tidak perlu. Banyak router jaringan kabel maupun nirkabel yang dilengkapi firewalls. Bukan bermaksud mengedepankan firewalls, namun firewalls telah membantu dalam pertahanan keamanan jaringan. Bacalah petunjuk manual dari perangkat keras Anda dan pelajarilah cara pengaturan konfigurasi router Anda, sehingga hanya traffic yang sudah seijin Anda saja yang dapat dijalankan.
  5. Ubahlah 'kata sandi' default Administrator milik Anda. Hal ini baik untuk semua penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Kata sandi default sangat mudah disalahgunakan, terutama oleh para hacker. Oleh karena itu sebaiknya ubahlah kata sandi Anda, hindari penggunaan kata dari hal-hal pribadi Anda yang mudah diketahui orang, seperti nama belakang, tanggal lahir, dan sebagainya.
  6. Kunci dan lindungilah komputer Anda, hal ini merupakan cara pengamanan terakhir untuk komputer Anda. Gunakanlah firewall, perangkat lunak Anti Virus, Zone Alarm, dan lain sebagainya. Setidaknya setiap satu minggu perbaharuilah Anti Virus yang Anda pakai.
Reverensi
http://id.wikipedia.org/wiki/
Elcom, 2012. Computer Networking, Jakarta.

E-GOVERMENT

 


E-Government merupakan kependekan dari elektronik goverment (pemerintah). E-Government adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan negara yang berbasis pada elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
 
Keuntungan  E-Goverment bagi rakyat
1.  Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.

2. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.

3. Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.

4.  Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi     pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce.

5. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

6. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.

7.  Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang   dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerinta8.  Selain tampilan dan paduan warna yang menarik, informasi-infromasi yang disajikan sangatlah lengkap dan up to date.

8.  Terdapatnya informasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi muka air.

9.  Website ini mencakup banyak aspek seperti hukum, agama, sosial dan budaya, bisnis dan kawasan bisnisnya, pendidikan, dan sebagainya.
 
10. Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat.

Kerugian  E-Goverment bagi rakyat
 
1.  Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

2.     Kurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, karena e- government dibuat untuk saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan.

3. Kelemahan utama tentang e-government adalah kurangnya kesetaraan dalam akses publik untuk keandalan, internet informasi di web, dan agenda tersembunyi dari kelompok pemerintah yang dapat mempengaruhi dan bias opini publik.

4.  Pelayanan yang diberikan situs pemerintah belum ditunjang oleh system manajemen dan proses 
kerja yang efektif karena kesiapan peraturan,prosedur dan keterbataasan SDM sangat membatasi penetrasi komputerisasi k dalam system pemerintahan

5.  Belum mapannya strategi serta tidak memaadainya anggaran yang dialokasikan untuk pengembanngan e-government

6.  Inisiatif merupakan upaya instansi secara sendiri-sendiri, dengan demikian sejumlah faktor seperti standardisasi, keamanan informasi, otentikasi, dan berbagai alikasi dasar yang memungkinkkan interoperabilitas antar situs secara andal, aman, dan terpercaya kurang mendapat perhatian

7.  Kesenjangan kemampuan masyarakat untuk mengakses jaringan internet