Kamis, 30 Januari 2014

E-GOVERMENT

 


E-Government merupakan kependekan dari elektronik goverment (pemerintah). E-Government adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan negara yang berbasis pada elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Atau E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
 
Keuntungan  E-Goverment bagi rakyat
1.  Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.

2. Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.

3. Pemberdayaan msyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah; jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.

4.  Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi     pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce.

5. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

6. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.

7.  Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang   dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerinta8.  Selain tampilan dan paduan warna yang menarik, informasi-infromasi yang disajikan sangatlah lengkap dan up to date.

8.  Terdapatnya informasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi muka air.

9.  Website ini mencakup banyak aspek seperti hukum, agama, sosial dan budaya, bisnis dan kawasan bisnisnya, pendidikan, dan sebagainya.
 
10. Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat.

Kerugian  E-Goverment bagi rakyat
 
1.  Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

2.     Kurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, karena e- government dibuat untuk saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan.

3. Kelemahan utama tentang e-government adalah kurangnya kesetaraan dalam akses publik untuk keandalan, internet informasi di web, dan agenda tersembunyi dari kelompok pemerintah yang dapat mempengaruhi dan bias opini publik.

4.  Pelayanan yang diberikan situs pemerintah belum ditunjang oleh system manajemen dan proses 
kerja yang efektif karena kesiapan peraturan,prosedur dan keterbataasan SDM sangat membatasi penetrasi komputerisasi k dalam system pemerintahan

5.  Belum mapannya strategi serta tidak memaadainya anggaran yang dialokasikan untuk pengembanngan e-government

6.  Inisiatif merupakan upaya instansi secara sendiri-sendiri, dengan demikian sejumlah faktor seperti standardisasi, keamanan informasi, otentikasi, dan berbagai alikasi dasar yang memungkinkkan interoperabilitas antar situs secara andal, aman, dan terpercaya kurang mendapat perhatian

7.  Kesenjangan kemampuan masyarakat untuk mengakses jaringan internet

Selasa, 14 Januari 2014

PARAGRAF AKA ALINEA

TUGAS BAHASA INDONESIA

PARAGRAF
Paragraf adalah Unit terkecil sebuah karangan yang terdiri dari kalimat pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas atau gagasan penjelas. Paragraf yang baik minimal terdiri dari dua kalimat atau dua gagasan.

SYARAT PEMBENTUKAN PARAGRAF
1. Kohesi kesatuan : menyatakan satu hal
- kalimat utama
- kalimat penjelas

2. Koherensi kepaduan/ kekompakan: kompak tertuju kepada satu hal.
- repetisi kepaduan paragraf dan kata kunci
- kata ganti menghindari monotoni/ bervariasi
- kata transisi penyambung antarkalimat
3. Menggunakan metode pengembangan paragraf tertentu

MACAM PARAGRAF
1. Berdasarkan Fungsi
- Paragraf pembuka
Memiliki peran sebagai pengantar bagi pembaca untuk sampai pada masalah yang akan diuraikan oleh penulis. Untuk itu, paragraf pembuka harus dapat menarik minat dan perhatian pembaca, serta sanggup mempersiapkan pikiran pembaca kepada masalah yang akan diuraikan. Usahakan paragraf pembuka ini tidak terlalu panjang agar pembaca tidak merasa bosan. Di samping untuk menarik perhatian pembaca, paragraf pembuka juga berfungsi untuk menjelaskan tujuan dari penulisan itu.
- Paragraf penghubung
Berfungsi menguraikan masalah yang akan dibahas oleh seorang penulis. Semua inti persoalan yang akan dibahas oleh penulis diuraikan dalam paragraf ini. Oleh sebab itu, secara kuantitatif paragraf ini merupakan paragraf yang paling panjang dalam keseluruhan karangan/tulisan. Uraian dalam paragraf penghubung ini, antar kalimat maupun antar paragraf harus saling berhubungan secara logis.
- Paragraf penutup
Bertujuan untuk mengakhiri sebuah karangan/tulisan. Paragraf ini bisa berisi tentang kesimpulan masalah yang telah dibahas dalam paragraf penghubung, atau bisa juga berupa penegasan kembali hal-hal yang dianggap penting dalam uraian-uraian sebelumnya.

2. Menurut posisi topik kalimat
- Paragraf deduktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf.
- Paragraf induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf.
- Paragraf deduktif-induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak pada awal dan akhir paragraf.
- Paragraf tersebar yaitu paragraf yang kalimat utamanya atau gagasan utamanya tersebar pada keseluruhan paragraf.

3. Isi
- Paragraf Deskripsi adalah Paragraf jenis ini berisi kalimat-kalimat yang mendeskripsikan,menggambarkan sesuatu.
- Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi.
- Paragraf argumentasi paragraf yang berusaha meyakinkan bahwa hal yang dikemukakan adalah benar. Cara meyakinkan kebenaran itu biasanya dengan cara mengajukan sejumlah fakta.
- Paragraf narasi adalah paragraf yang berusaha menceritakan peristiwa demi peristiwa yang dialami seorang tokoh.

SALAH SATU CONTOH PARAGRAF
Kota Solo di Pagi Hari
Pagi hari di kota Solo, suhu udara terasa dingin menyengat kulit. Orang-orang baru satu dua yang lalu lalang. Kendaraan hanya kadang-kadang terdengar menderu. Yang tampak dominan adalah para pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya. Mereka sibuk melayani pelanggan yang ingin menikmati dagangannya. Perlahan tapi pasti keramaian kendaraan di jalan bertambah sedikit demi sedikit. Matahari semakin tinggi tampak di langit kota Solo, makin ramainya suasana kota Solo di pagi hari itu.

METODE PENGEMBANGAN PARAGRAF
1. Metode klimaks-antiklimaks
- Pengembangan gagasan mulai dari yang rendah ke yang paling tinggi.
2. Metode pandangan
- Pengembangan gagasan dengan cara memandang sesuatu.
3. Metode perbandingan dan pertentangan
- Pengembangan gagasan dengan menunjukkan persamaan dan perbedaan objek.
4. Metode analogi
- Pengembangan gagasan dengan membandingkan segi kesamaan dua hal berbeda.
5. Metode contoh
- Pengembangan gagasan dengan contoh atau sebuah sempel.
6. Metode proses
- Pengembangan gagasan dengan mengemukakan tindakan atau perbuatan ataupun peristiwa.
7. Metode sebab-akibat dan akibat-sebab
- sebab-akibat : Pengembangan gagasan berupa rincian-rincian akibat suatu sebab.
- akibat-sebab : Pengembangan gagasan berupa rincian-rincian sebab suatu akibat
8. Metode umum-khusus dan khusus-umum
- umum-khusus : Pengembangan gagasan dengan cara mulai dari hal-hal umum ke hal-hal khusus.
- khusus-umum : Pengembangan gagasan dengan cara mulai dari hal-hal khusus ke hal-hal umum
9. Metode klasifikasi
- Pengembangan gagasan dengan cara mengelompokkan objek yang memiliki persamaan
10. Metode definisi luas
- Pengembangan gagasan dengan cara memberi keterangan/ arti suatu istilah secara luas

Jumat, 10 Januari 2014

MENGENAL AKSI HACKING

BEBERAPA CONTOH PENGERTIAN AKSI HACKING DALAM INTERNET

DEFACE
Aksi hacker paling klasik yang di gunakan untuk merubah tampilan muka sebuah website.
Defacing adalah kegiatan hacking web atau program application yang melakukan perubahan tampilan atau konfigurasi fisik dari web atau program aplikasi tanpa melalui source code program tersebut. Sedangkan deface itu sendiri adalah hasil akhir dari kegiatan membaca source codenya (ini khusus untuk konteks web hacking), lalu merubah image (misalnya), editing html tag dkk, dan lain-lain.

SQL INJECTION
Sebuah teknik yang menyalahgunakan celah keamanan yang terjadi dalam lapisan basis data sebuah WEB atau aplikasi. Celah ini terjadi ketika masukan pengguna tidak disaring secara benar dari karakter-karakter pelolos bentukan string yang diimbuhkan dalam pernyataan SQL atau masukan pengguna tidak bertipe kuat dan karenanya dijalankan tidak sesuai harapan. Ini sebenarnya adalah sebuah contoh dari sebuah kategori celah keamanan yang lebih umum yang dapat terjadi setiap kali sebuah bahasa pemrograman atau skrip diimbuhkan di dalam bahasa yang lain.

DOS ATTACK
Jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan resource yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.
Dalam sebuah serangan Denial of Service, si penyerang akan mencoba untuk mencegah akses seorang pengguna terhadap sistem atau jaringan dengan menggunakan beberapa cara, yakni sebagai berikut:
  • Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.
  • Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.
  • Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.

BRUTE FORCE
Sebuah teknik serangan terhadap sebuah sistem keamanan komputer yang menggunakan percobaan terhadap semua kunci yang mungkin. Pendekatan ini pada awalnya merujuk pada sebuah program komputer yang mengandalkan kekuatan pemrosesan komputer dibandingkan kecerdasan manusia. Istilah brute force sendiri dipopulerkan oleh Kenneth Thompson, dengan mottonya: "When in doubt, use brute-force" (jika ragu, gunakan brute-force).


reverensi:
id.wikipedia.org/wiki/
http://rizky.prihanto.web.id/2008/06/defacing.html

Kamis, 09 Januari 2014

HISTORY OF THE INTERNET


SEJARAH INTERNET
Internet dikembangkannya dimulai pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (USA). Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) mengadakan riset mengenai cara menghubungkan komputer - komputer ke dalam suatu jaringan yang terorganisir. Program riset dari DARPA ini dekenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga komputer - komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan membentuk suatu jaringan.


Pada Tahun 1972
Roy Tomlinson sukses menyempurnakan program e-mail yang sebelumnya ia ciptakan untuk ARPANET. Program e-mail ini mudah dipahami sehingga menjadi populer. Di tahun yang sama, icon @ juga dipernalkan sebagai lambang penunjuk at atau pada. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer pertama yang menjadi anggota ARPANET di luar Amerika Serikat adalah komputer University College di London. Di tahun yang sama, Vinton Cerf dan Bob Kahn yang merupakan ahli komputer mempresentasikan di Universitas Sussex sebuah gagasan yang menjadi cikal bakal pemikiran internet.

Pada 26 Maret 1976
Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establisment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.

Tahun 1981 France Telecom menciptakan suatu telpon televisi pertama, dimana bisa saling menelpon sambil berhubungan sambil berhubungan dengan video link.

Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan dikenal dengan nama Eunet. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name System. 1000 komputer lebih tersambung jaringan ini.

Pada tahun 1987 jumlah komputer yang tersambung mencapai 10x lipat menjadi 10.000 lebih.

Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian jumlah komputer yang terhubung melonjak tajam menjadi 100.000 ke dalam sebuah jaringan.


Pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya. Program tersebut ialah www, atau World Wide Web.

Pada tahun 1992 komputer yang saling tersambung membentuk jaringan lebih dari sejuta komputer, muncullah istilah surfing the internet.

Pada tahun 1994 situs internet telah tumbuh mencapai 3000 alamat halaman. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

reverensi:
www.sejarah-internet.com/sejarah-internet/
id.wikipedia.org/wiki/

CLOUD COMPUTING

Cloud computing memiliki banyak arti bagi setiap orang. Salah satunya ini, cloud computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain. Dengan koneksi internet yang makin cepat dan stabil, cloud computing akan menjadi trend alternatif komputasi di masa depan. Ini karena cloud computing menawarkan beberapa hal baru, seperti kolaborasi dan kemampuan akses dari mana saja, dimana sebelumnya sulit menjadi kenyataan sebelum koneksi internet stabil.

 

Sejarah cloud computing
Di tahun 1960-an
John McCarthy, Pakar Komputasi dan kecerdasan buatan dari MIT. “Suatu hari nanti, komputasi akan menjadi Infrastruktur publik seperti halnya listrik dan telepon.”Ini adalah sebuah ide yang mengawali suatu bentuk komputasi yang kita kenal dengan istilah Komputasi awan.

Di tahun 1990-an
Larry Ellison, pendiri perusahaan Oracle. “Network Computing” Ide ini sebenarnya cukup unik dan sedikit menyindir perusahaan Microsoft pada saat itu. Intinya, kita tidak harus "menanam" berbagai perangkat lunak kedalam PC pengguna, mulai dari sistem operasi hingga perangkat lunak lainya. Cukup dengan koneksi dengan server dimana akan disediakan sebuah environment yang mencakup berbagai kebutuhan PC pengguna.
Pada era ini juga wacana “Network Computing” cukup populer. Banyak perusahaan yang menggalang sistem ini contohnya Sun Mycrosystem dan Novell Netware. Disayangkan kualitas jaringan komputer saat itu masih belum memadai, penggunapun cenderung memilih PC karena cenderung lebih cepat.
Lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai dengan kemunculan perusahaan pusat pengolahan data. Ini merupakan sebuah perkembangan pada kualitas jaringan komputer. Akses untuk pengguna menjadi lebih cepat.


Di tahun 2000- sekarang
Marc Benioff, mantan wakil presiden perusahaan Oracle. “salesforce.com” ini merupakan sebuah perangkat lunak CRM dengan basis SaaS (Software as a Service). Tak disangka gebrakan ini mendapat tanggapan hebat. Sebagai suksesor dari visi Larry Ellison, boss-nya. Dia memiliki sebuah misi yaitu “The End of Software”.
Cloud Computing sudah semakin meningkat popularitasnya, dari mulai penerapan sistem, pengunaan nama, dll. Amazon.com dengan EC2 (Elastic Computer Cloud); Google dengan Google App. Engine; IBM dengan Blue Cord Initiative; dsb. Perhelatan cloud computing meroket sebagaimana berjalanya waktu. Sekarang, sudah banyak sekali pemakaian sistem komputasi itu, ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas jaringan komputer dan beragamnya gadget yang ada. 


Contoh dari pengaplikasianya adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Sky Drive, Youtube, Scribd, dll.

Reverensi:
Kupas Tuntas Bermacam Aplikasi Generasi Cloud Computing, Wahana Komputer @2011
id.wikipedia.org/wiki/

JARINGAN NIRKABEL INTERNET

TUGAS SOFTSKILL 1
Jaringan tanpa kabel merupakan salah satu upaya yang sangat berguna bagi para pengguna internet pada masa kini. Melalui jaringan tanpa kabel ini kita tidak perlu susah payah menarik kabel untuk terhubung kesuatu jaringan internet. untuk mengakses jaringan tanpa kabel ini, kita hanya membutuhkan sebuah kartu jaringan wireless yang terpasang pada komputer ataupun laptop. Lalu kita tinggal mencari router suatu jaringan internet untuk mengakses internet.

JANGAN LUPAKAN SEJARAH
Sejarah nirkabel
The "nirkabel" mulai dipakai istilah umum untuk merujuk ke penerima radio atau transceiver (penerima tujuan ganda dan perangkat pemancar), menetapkan penggunaan dalam bidang telegrafi nirkabel sejak dini, sekarang istilah ini digunakan untuk menggambarkan koneksi nirkabel modern seperti seperti pada jaringan selular dan internet broadband nirkabel. Hal ini juga digunakan dalam pengertian umum untuk mengacu pada setiap jenis operasi yang diimplementasikan tanpa menggunakan kabel, seperti "remote control nirkabel" atau "transfer energi nirkabel", terlepas dari teknologi tertentu (misalnya radio , inframerah , ultrasonik ) yang digunakan. Guglielmo Marconi dan Karl Ferdinand Braun dianugerahi Hadiah Nobel bidang Fisika pada tahun 1909 untuk kontribusinya bagi telegrafi nirkabel.

Beberapa perangkat yang digunakan untuk jaringan nirkabel:

  • Hardware Access Point + plus


gambar di atas ini merupakan GN-B49G, yang biasa digunakan untuk perangkat standard access point. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router.


  • Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Contohnya: WiFi.id


  • Mini PCI bus adapter


Perangkat miniPCI bus untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook. Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Umumnya perangkat hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook.

PENGAPLIKASIAN DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI:

  • Pemakaian WiFi di kampus oleh banyak mahasiswa melalui laptop.
  • Pemakaian WiFi di Restoran cepat saji yang menyediakan fasilitas WiFi gratis bagi konsumennnya.

Reverensi:
JARINGAN KOMPUTER penulis Wiharsono Kurniawan (2007)
id.wikipedia.org/wiki/

Rabu, 13 November 2013

KALIMAT

Kalimat merupakan bagian dari ujaran yang mempunyai struktur minimal subjek (S) dan predikat (P) dan intonasinya menunjukan bagian ujaran itu sudah lengkap makna.

Unsur kalimat:

  • SUBJEK
  • PREDIKAT
  • OBJEK
  • KETERANGAN
  • PELENGKAP

SUBJEK
Subjek adalah bagian kalimat yang menunjukan pelaku, sosok, masalah yang menjadi pangkal utama. Subjek biasanya berisi kata benda, frasa/klausa.
PREDIKAT
Predikat bagian kalimat yang memberitahu suatu tindakan atau keadaan bagaimana subjek(pelaku).
OBJEK
Objek adalah bagian kalimat yang melengkapi predikat objek pada umumnya oleh nomina. Letaknya selalu di belakang predikat.
KETERANGAN
Keterangan adalah bagian kalimat yang menerangkan berbagai hal tentang bagian kalimat yang lain. Posisinya dalam kalimat bersifat arbitrer.
PELENGKAP
Pelengkap adalah bagian yang melengkapi predikat atau objek. Letak pelengkap di belakang predikat yang berupa verba.

KALIMAT POLA

Adik sedang tidur.
   S           P
                    
Ibu sedang memasak nasi goreng di dapur.
 S              P                      O      K.TEMPAT

Saya sedang mengerjakan tugas bahasa Indonesia pada pukul tiga dini hari.
  S                    P                                O                      K. WAKTU

Adik bayi sedang tidur siang.
       S               P(PEL)

Ayah sedang makan siang dengan lauk tempe dan tahu di warteg dekat kantornya.
   S              P(PEL)                               O                              K. TEMPAT


KALIMAT MAJEMUK
Kalimat majemuk adalah kalimat yang memiliki dua pola atau lebih.

KALIMAT MAJEMUK SETARA
Kalimat majemuk setara adalah gabungan dua kalimat atau lebih yang memiliki kesetaraan atau kesederajatan kedudukan maknanya. Biasanya penggabungan kalimatnya menggunakan kata penghubung atau tanda baca.

Contoh:

  1. Saya sedang menonton acara televisi dan Ayah membaca koran.
  2. Saya mendapatkan ipk 3,8, karena rajin mengerjakan tugas.
  3. Ayah meminum segelas kopi, Ibu memakan sepotong kue, sedangkan Adik melihat Ibu dan Ayah.
  4. Bukan harta dunia yang saya incar, melainkan kerajaan sorga.
  5. Korupsi merupakan tindakan yang terlarang, tetapi banyak orang Indonesia melakukannya.
KALIMAT MAJEMUK BERTINGKAT
Kalimat majemuk bertingkat adalah gabungan dua kalimat atau lebih kalimat yang memiliki pola - pola yang tidak sederajat. Satu kalimat ada yang bertindak sebagai kalimat induk, dan kalimat yang lain bertindak sebagai anak dari kalimat induk tersebut.

Contoh:
  1. Jika saya mendapatkan ipk 3,9, saya akan mendapatkan pujian dari banyak orang.
  2. Dengan cara belajar yang rajin, saya mendapatkan ipk 4,0 dari universitas.
  3. Messi sangatlah berbakat, maka Ia mendapatkan empat tahun berturut-turut penghargaan pemain terbaik dunia.
  4. Adik sangatlah rajin belajar, makannya ayah dan ibu bangga padanya.
  5. Dia sedang memakan nasi goreng kambing, ketika saya sedang merasa lapar.