Jumat, 20 November 2015

E-BUSINESS DAN E-COMMERCE


E-BUSINESS
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis melalui media teknologi elektronik. E-business memungkinkan seorang pengusaha ataupun suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.


E-commerce
E-commerce merupakan  bagian  dari  commerce  dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan  para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. Menurut  Organization for Economic Cooperation and Development (OECD): e-commerce adalah transaksi berdasarkan proses dan transmisi data secara elektronik. Asosiasi di bidang perdagangan global (Alliance for Global Business) memberikan pengertian e-commerce sebagai keseluruhan transaksi yang melibatkan transfer informasi, produk, jasa atau pembayaran melalui jaringan elektronik sebagai media (Suherman, 2002 dalam Kamelo, 2005). Sebenarnya tidak ada definisi yang baku tentang e-commerce (electronic commerce), akan tetapi secara sederhana  e-commerce merupakan transaksi komersial antara pihak-pihak yang dilakukan secara elektronik (Ding, 1999).

Keuntungan e-Commerce
Bagi Perusahaan:
memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jaringan mitra usaha serta efisiensi, dengan kata lain mempercepat service ke pelanggan, serta service lebih tanggapanif, dan kurangi biaya-biaya yang terkait dengan kertas, seperti cost pos surat, pencetakan, report, dsb hingga bisa menambah pendapatan.
Bagi Consumen:
efisien, aman dengan cara fisik serta flexible.
Bagi orang-orang Umum:
kurangi polusi serta pencemaran lingkungan, buka kesempatan kerja baru, beruntung dunia akademis, menambah mutu SDM.


Kerugian e-Commerce
Menambah Individualisme, pada perdagangan elektronik seorang bisa bertransaksi serta memperoleh barang/layanan yang dibutuhkan tiada bersua dengan siapa saja. Kadang-kadang menyebabkan kekecewaan, apa yang dipandang dilayar monitor computer terkadang tidak sama dengan apa yang dipandang dengan cara kasat mata.


PERBEDAAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS

  1. E Commerce adalah bagian dari E Bisnis. Jika Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda dapat dengan baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu. Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.
  2. Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan transaksi keuangan diistilahkan sebagai “e commerce”. Namun, e bisnis adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.
  3. Untuk berjualan secara online adalah e-commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk e bisnis. Memiliki sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.Tapi, membuat situs profesional yang dibangun dengan teknologi terbaru untuk menangkap perhatian pengunjung dan memenangkan apresiasi, maka itulah yang diperlukan. Bila uang yang terlibat, maka hal pertama yang pengguna cari adalah keselamatan dan keamanan yang menggunakan uang. Memiliki sebuah website dengan kualitas yang baik sangatlah penting.
  4. E Commerce juga telah ditetapkan sebagai proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara e bisnis meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya.

Referensi:
http://pojokbursa.widyatama.ac.id/e-businesse-commercee-marketing/
http://galaxymedia.co.id/read/slider/14/E-Commerce.html
http://galaxymedia.co.id/read/slider/13/E-Business.html
http://www.gubuginformasi.com/2014/02/pengertian-ecommerce.html

Kamis, 05 November 2015

TES AKHIR VCLASS 4IA18_JARINGAN KOMPUTER LANJUT_MUHAMMAD ACHSAN ISA AL ANSHORI_PTA 2015/2016

NAMA: YESAYA SAMUEL W
NPM: 57412808
KELAS: 4IA18


1. Service yang cara kerjanya mirip dengan mengirim surat adalah :
a. ConnectionOriented
b. ConnectionlessOriented
c. Semua jawaban benar
d. Semua jawaban salah

2. Nama lain untuk Statistical Time DivisionMultiplexing (TDM) adalah :
a. Non-IntelligentTDM
b. SynchronousTDM
c. AsynchromousTDM
d. Semua jawaban benar

3. Hubungan laju transmisi data dengan lebar pita saluran transmisi adalah :
a. Laju transmisi naik jika lebar pita berkuran.
b. Laju transmisi naik jika lebar pita bertambah.
c. Laju transmisi tidak bergantung pada lebar pita.
d. Semua jawaban salah.

4. Teknik encodingBipolar-AMI dan Pseudoternary termasuk dalam teknik :
a. MultilevelBinary
b. NRZ
c. Biphase
d. Manchester

5. Jika dua frame ditransmisikan secara serentak maka akan menyebabkan terjadinya tubruklan. Kejadian ini dalam jaringan dikenal dengan istilah :
a. Contention
b. Collision
c. Crash
d. Jabber

6. Salah satu protocolCSMA yang tidak terus menerus mendengarkan channel adalah :
a. 1-persistent
b. p-persistent
c. Nonpersistent
d. CSMA/CD

7. Salah satu protocol yang bebas dari tubrukan adalah :
a. Bit-Map
b. CSMA
c. CarrierSense
d. ALOHA

8. SelectiveRepeater merupakan istilah lain dari :
a. Router
b. Bridge
c. Gateway
d. Repeater

9. Dalam pemeliharaan ring logis 802.4, frame kontrol yang bertugas untuk mengijinkansuatu stasiun untuk meninggalkan ring adalah :
a. Claim_token
b. Who_follows
c. Token
d. Set_Successor

10. Algoritma yang digunakan untuk menghindari kemacetan adalah :
a. BroadcastRouting
b. Flow Control
c. Optimal Routing
d. FloodingRouting

11. Algoritma routing yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari subnet secara keseluruhan agar keputusannya optimal adalah :
a. Algoritma Global
b. Algoritma Lokal
c. Algoritma Terisolasi
d. Algoritma Terdistribusi

12. Keuntungan multiplexing adalah :
a. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk satu terminal
b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal
c. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk banyak terminal
d. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk satu terminal

13. Jenis kabel UTP digunakan untuk jaringan Ethernet :
a. 10Base2
b. 10Base5
c. 10BaseT
d. Semua jawaban benar

14. Suatu algoritma routing yang tidak mendasarkan keputusan routingnya pada kondisi topologi dan lalulintas saat itu adalah :
a. Nonadaptive
b. Adaptive
c. RCC
d. Hot potato

15. Data/message yang belum dienkripsi disebut dengan :
a. Plaintext
b. Ciphertext
c. Auntext
d. ChokePacket

16. Algoritma Kontrol Kemacetan yang menjaga jumlah paket tetap konstan dengan menggunakan permits yang bersirkulasi dalam subnet adalah :
a. Kontrol Arus
b. Kontrol Isarithmic
c. Pra Alokasi Buffer
d. ChokePacket

17. Sekumpulan aturan yang menentukan operasi unit-unit fungsional untuk mencapai komunikasi antar dua entitas yang berbeda adalah :
a. Sintaks
b. Timing
c. Protokol
d. Routing

18. Algoritma yang digunakan oleh transparentbridge adalah :
a. RCC
b. BackwardLearning
c. Flooding
d. Shortestpath

19. Dalam model OSIinternetworking membagi lapisan network menjadi beberapa bagian, kecuali
a. Intranet sublayer
b. Access sublayer
c. Internet sublayer
d. Enhanchementsublayer

20. Teknik time domain reflectometry digunakan pada standardIEEE:
a. 802.2
b. 802.3
c. 802.4
d. 802.5

21. Suatu cara yang mempunyai kemampuan untuk menyedianprivacy, authenticity, integrity dan pengamanan data adalah :
a. Enkripsi
b. Antisipasi
c. Deskripsi
d. Semua jawaban salah

22. Tujuan adanya jaringan komputer adalah…..
a. Resourcesharing
b. Penghematan biaya
c. High reability
d. Semua jawaban benar

23. Mengontrol suapaya tidak terjadi deadlock merupakan fungsi dari lapisan :
a. NetworkLayer
b. SessionLayer
c. Data linkLayer
d. ApplicationLayer

24. Frame yang terjadi apabila suatu stasiun mentransmisikan frame pendek kejalur ring yang panjang dan bertubrukan atau dimatikan sebelum frame tersebut dikeluarkan. Frame ini disebut dengan istilah :
a. Orphan
b. Beacon
c. Pure
d. Semua jawaban salah

25. Wirecenter digunakan pada standar :
a. 802.2
b. 802.3
c. 802.4
d. 802.5

26. Komponen dasar model komunikasi adalah :
a. Sumber
b. Tujuan
c. Media
d. Semua benar

27. Di bawah ini termasuk Broadcastnetwork :
a. CircuitSwitching
b. Paket Switching
c. Satelit
d. Semi Paket Switching

28. Paket radio termasuk golongan :
a. Broadcast
b. Switched
c. Publik
d. Semua benar

29. Di bawah ini termasuk guided media :
a. UTP
b. Coaxial
c. Fiber Optik
d. Semua benar

30. Modul transmisi yang sifatnya searah adalah :
a. PageR
b. Simpleks
c. TV
d. Semua benar

QUIZ V-CLASS 4IA18_JARINGAN KOMPUTER LANJUT_MUHAMMAD ACHSAN ISA AL ANSHORI_PTA 2015/2016

NAMA: YESAYA SAMUEL W
NPM: 57412808
KELAS: 4IA18

Apakah dimaksud dengan komunikasi broadband ?
Broadband dideskripsikan sebagai layanan telekomunikasi nirkabel yang memiliki kecepatan tinggi, kapasitas tinggi diatas kecepatan data primer “2 Mbps” (E1) sesuai ITU-R F.1399-1 menggunakan DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-LAN, V-SAT, dsb.


Sebutkan keuntungan SONET ! 
Keuntungan SONET:
  • Synchronous Optical Network (SONET) menawarkan biaya transport yang efektif pada jaringan akses dan jaringan inti/core. Lapisan optic menyediakan layanan transport untuk aplikasi jarak jauh. Dan juga secara langsung men-support layanan data.
  •  Dapat memberikan fungsionalitas yang bagus baik pada jaringan kecil, medium, maupun besar.
  • Collector rings menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS, dan terminal ATM.
  • Manejemen bandwith berfungsi untuk proses routing, dan manajemen trafik.
  •  Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.


Jelaskan prinsip kerja dari ATM !
Cara kerja ATM dalam mentransfer informasi dari satupemakai ke pemakai lainnya terbagi atas tiga tahap, yaitu; tahap virtualconnection set-up, tahap transfer informasi, dan tahap virtual connectionrelease. Proses pembentukan hubungan bergantung arsitektur jaringan ATM yang digunakan. Pada tahap virtual connection set-up dilakukan pemeriksaan apakahresources (kapasitas saluran/bandwidth berupa virtual channel connection atau virtual path connection VCC/VPC) yang dibutuhkan tersedia, jikaresources tersedia maka dialokasikan resources sebesaryang dibutuhkan.
Pada tahap transfer informasi dilakukan informasi berupa sel-sel dengan ukuran yang konstan melalui hubungan logika yang telah dibangun pada tahap sebelumnya.Setiap.sel memiliki memiliki header yang menunjukkanhubungan logika mana yang dituju virtual channel identifier/virtual pathidentifier (VCI/VPI). Transfer sel-sel akan melalui sejumlah switching node,pada switching node tersebut terdapat tabel translasi yang akan menggantikan nilai VCI/VPI lama menjadi nilai yang baru. Dengan prosestranslasi ini sebenarnya telah dilakukan pula proses routing. Apabila transfer informasi telah selesai dilakukan maka akan dilakukan tahapvirtual connection release. Pada tahap ini dilakukan penghilangan nilai VCI/VPI (sehingga nilai VCI/VPI bisa digunakan untuk transfer informasi yanglain) yang berarti hubungan logika yang telah dibangun dan digunakan sebelumnya dapat dibubarkan.Parameter kualitas pada pelayanan.

Apakah yang dimaksud dengan DSL?

DSL adalah singkatan dari Digital Subcriber Line, yang merupakan teknologi yang mampu menyediakan bandwith cukup tinggi ke rumah-rumah atau perusahaan dengan menggunakan media kabel telepon. Umumnya  kecepatan downolad dari DSL sekitar dari 128 kbit/d hingga 24.000 kb/d tetapi tergantung dari teknologi DSL tersebut.  Untuk ADSL Kecepatan upload lebih rendah dari download dan untuk SDSL sama cepat.

Minggu, 21 Desember 2014

TUGAS SOFTSKILL 3

ADOBE ILLUSTRATOR

SEJARAH

Versi 1-1,6 (Illustrator 88)
Adobe Illustrator pertama kali dikembangkan oleh Adobe Inc pada bulan Desember 1986 (pengiriman pada bulan Januari 1987) sebagai komersialisasi di rumah Adobe huruf pengembangan perangkat lunak dan PostScript format file. Adobe Illustrator adalah produk pendamping dari Adobe Photoshop . Photoshop adalah terutama diarahkan foto digital manipulasi dan fotorealistik gaya ilustrasi komputer , sementara Illustrator memberikan hasil dalam typesetting dan logo daerah grafik desain . Iklan majalah (ditampilkan di majalah desain grafis perdagangan seperti Komunikasi Seni ) produk itu disebut sebagai "Adobe Illustrator". Illustrator 88, nama produk untuk versi 1.7, dirilis pada tahun 1988 dan memperkenalkan alat-alat baru dan fitur. Pada 2011, Adobe Illustrator '88 format file yang digunakan dalam MATLAB bahasa pemrograman sebagai pilihan untuk menyimpan angka.

Versi 2-5
Meskipun selama dekade pertama Adobe Illustrator dikembangkan terutama untuk Macintosh, itu secara sporadis didukung platform lainnya. Pada awal 1990, Adobe merilis versi Illustrator untuk NeXT , Silicon Graphics , dan Sun Solaris platform, tapi mereka dihentikan karena pangsa pasr yang sedikit. Versi pertama Illustrator untuk Windows, versi 2.0, dirilis pada awal 1989. Windows versi berikutnya, versi 4.0, telah banyak dikritik karena terlalu mirip dengan Illustrator 1,1 bukannya Macintosh versi 3.0, dan tentu saja tidak sama paket yang paling populer Windows 'ilustrasi CorelDRAW .(Perhatikan bahwa tidak ada versi 2.0 atau 4.0 untuk Macintosh - meskipun rilis kedua untuk Mac berjudul Illustrator 88 -. Tahun rilis) Versi 4 itu, bagaimanapun, versi pertama Illustrator untuk mendukung pengeditan dalam modus pratinjau , yang tidak muncul dalam versi Macintosh hingga 5,0 pada tahun 1993.

Versi 6-10
Adobe Illustrator 10, versi terakhir sebelum mengubah citra Creative Suite
Dengan diperkenalkannya Illustrator 6 tahun 1996, Adobe membuat perubahan penting dalam antarmuka pengguna berkaitan dengan editing jalan (pemasangan user interface yang sama dengan Adobe Photoshop ), dan banyak pengguna memilih untuk tidak meng-upgrade. Illustrator juga mulai mendukung TrueType , efektif mengakhiri "font perang" antara PostScript Type 1 dan TrueType. Seperti Photoshop, Illustrator juga mulai mendukung plug-in, sangat dan cepat memperluas kemampuannya.
Dengan port sebenarnya dari versi Macintosh ke Windows dimulai dengan versi 7 tahun 1997, desainer akhirnya bisa standar pada Illustrator. Corel mengeluarkan CorelDRAW 6.0 untuk Macintosh pada tahun 1996-an, namun respon dari pasar kurang bagus, terlalu terlambat. Desainer cenderung lebih suka Illustrator, CorelDraw, atau FreeHand berdasarkan perangkat lunak yang mereka pelajari terlebih dahulu. Sebagai contoh, ada kemampuan dalam Freehand masih tidak tersedia di Illustrator (persentase skala yang lebih tinggi, maju mencari-dan-menggantikan fitur, selektif round-sudut editing, ekspor / mencetak objek yang dipilih saja, dll). Corel tidak pernah dianggap sebagai alat tingkat profesional oleh badan-badan besar atau toko desain. Terkenal, Aldus melakukan perbandingan matriks antara perusahaan sendiri Freehand, Illustrator dan Draw, dan satu Draw "menang" adalah bahwa ia datang dengan tiga kali dilihat clip art yang berbeda dari pankreas manusia.
Adobe membeli Aldus pada tahun 1994 untuk PageMaker. Sebagai bagian dari transaksi, Federal Trade Commission mengeluarkan keluhan Adobe Systems pada 18 Oktober 1994 memesan divestasi FreeHand untuk "memperbaiki berkurangnya kompetisi yang bersumber dari akuisisi" karena perangkat lunak Illustrator Adobe. Akibatnya, Macromedia FreeHand diperoleh pada tahun 1995 dari pengembang aslinya, Altsys , dan terus perkembangannya hingga 2004.
Perbedaan kekuatan antara Photoshop dan Illustrator menjadi jelas dengan munculnya Internet, Illustrator telah disempurnakan untuk mendukung penerbitan Web, rasterization melihat pratinjau, PDF , dan SVG (Scalable Vector Graphics). Adobe adalah pengembang awal SVG untuk web dan Illustrator diekspor file SVG melalui plugin File Format SVG. Menggunakan Adobe SVG Viewer (ASV), diperkenalkan pada tahun 2000, memungkinkan pengguna untuk melihat gambar SVG di browser utama sebagian sampai dihentikan pada tahun 2009. Dukungan asli untuk SVG tidak lengkap dalam semua browser utama Internet Explorer 9 sampai tahun 2011.
Versi 9 termasuk fitur pelacakan, mirip dengan yang dihentikan dalam produk Adobe Streamline .

Versi CS-CS6
Illustrator CS adalah versi pertama untuk menyertakan 3-dimensi kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk mengusir atau berputar untuk menciptakan bentuk sederhana 3D objek.
Illustrator CS2 (versi 12) yang tersedia untuk kedua Mac OS X dan Microsoft Windows sistem operasi. Ini adalah versi terakhir untuk Mac yang tidak berjalan secara native di Intel prosesor. Di antara fitur-fitur baru termasuk dalam Illustrator CS2 adalah Live Trace, Live Paint, sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja. Live Trace memungkinkan untuk konversi citra bitmap ke vektor seni dan ditingkatkan kemampuan penelusuran sebelumnya. Live Paint memungkinkan pengguna lebih fleksibel dalam menerapkan warna pada obyek, khususnya mereka yang tumpang tindih. Pada tahun yang sama dengan rilis CS2, Adobe Systems mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3,4 miliar dan itu terintegrasi operasi perusahaan, jaringan, dan pelanggan-organisasi perawatan segera sesudahnya. Adobe sekarang dimiliki FreeHand bersama dengan lini produk Macromedia seluruh dan pada tahun 2007, Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan dan update program FreeHand. Sebaliknya, Adobe akan menyediakan alat-alat dan dukungan untuk memudahkan transisi ke Illustrator.
CS3 termasuk update interface Bar Control, kemampuan untuk menyelaraskan poin individu, beberapa Tanaman Wilayah, panel Panduan Warna dan fitur Live Warna antara lain.
CS4 dirilis pada bulan Oktober 2008. Ini fitur berbagai perbaikan alat tua bersama dengan pengenalan beberapa merek alat baru yang diperoleh dari FreeHand. Kemampuan untuk menciptakan beberapa artboards merupakan salah satu utama penambahan CS4 itu dari FreeHand. The artboards memungkinkan Anda untuk membuat beberapa versi dari sebuah pekerjaan dalam satu dokumen. Peralatan lainnya termasuk Brush Blob, yang memungkinkan stroke beberapa vektor sikat tumpang tindih dengan mudah menggabungkan atau bergabung, dan alat gradien revamped memungkinkan untuk lebih mendalam manipulasi warna serta transparansi dalam gradien.
CS5 dirilis pada bulan April 2010. Seiring dengan sejumlah perangkat tambahan untuk fungsionalitas yang ada, fitur baru Illustrator CS5 termasuk alat Perspektif Grid diambil dari FreeHand, sebuah Sikat bulu (untuk stroke tampak lebih alami dan painterly) dan update yang komprehensif untuk stroke, disebut oleh Adobe sebagai "Strokes Indah ".
Versi CS6 adalah generasi keenam belas dari Adobe Illustrator. Adobe menambahkan lebih banyak fitur dan beberapa perbaikan bug.

PENGERTIAN
Adobe Illustrator adalah sebuah program perangkat lunak atau program grapic design pengolah image berbasis vector , vector itu sendiri merupakan sekumpulan titik dan garis yang saling terhubung yang merupakan perpaduan dari warna-warna sehingga membentuk sebuah objek menggambar yang  diciptakan oleh Adobe Systems yang menggunakan vektor.

KEGUNAANNYA
Adobe Illustrator digunakan untuk pengeditan gambar berbasis vektor,  vektor merupakan sebuah gambar yang berbasis garis, vektor memiliki kelebihan, yakni desain berbasis vektor memiliki kelebihan jika gambar tersebut di tarik sebesar apapun, maka gambar tersebut tidak akan mengalami penurunan kualitas (Pecah). Adobe Illustrator biasanya digunakan dalam pembuatan desain seperti Logo, Brosur, Pamplet, dan segala jenis desain promosi lainnya.

FITUR-FITUR
Live Trace memungkinkan untuk konversi citra bitmap ke vektor seni dan ditingkatkan kemampuan penelusuran sebelumnya.
Live Paint memungkinkan pengguna lebih fleksibel dalam menerapkan warna pada obyek, khususnya mereka yang tumpang tindih.
Sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan Adobe Illustrator :
  • Fiturnya cukup lengkap.
  • Ampuh untuk pembuatan illustrasi, logo, dan vector image lainnya.
  • Kemampuan yang mumpuni untuk load file besar, diatas 50mb.
  • Warna-warna yang disediakan sangat baik dan halus, tidak jauh beda dengan hasil print nantinya. Pokoknya mantabbb dah.
  • Semua produk adobe dapat terkenoneksi dengan user di seluruh dunia, hal ini untuk mempermudah sharing.
  • Proses lebih ringan dan lebih cepat
  • Adobe Illustrator mempunyai kemampuan, fitur dan fasilitas yang benar -benar dapat diandalkan untuk memudahkan pekerjaan kreatif Anda.
  • Tampilan terbaru Adobe Illustrator. Ini sangat ramah penggunan, dan memiliki design elegan dan tidak menyakitkan mata. Penggunaannya sangat mudah sehingga dapat mengakses beragam fitur yang ada terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui menu, toolbox, pallete dan sebagainya.
  • Adobe Illustrator kompatibel dengan bermacam software lain untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop publishing, web publishing dan lain-lain.
  • Adobe Illustrator sangat mumpuni dalam menangani beragam pekerjaan desain dari yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan Anda dengan kualitas yang bisa diandalkan.

Kekurangan Adobe Illustrator:
  • Walaupun fitur lengkap tapi cukup ribet untuk pengerjaan layout.
  • Tidak User friendly untuk fitur power clip-nya
  • Tempat produksi terkadang ada yang ngga support



INTERFACE
Untuk bisa menggunakan program ini, yang pertama musti Anda cermati adalah interface (tampilan antarmuka) program tersebut. Interface Adobe Illustrator CS serupa dengan interface program-program Adoeb lainnya, dengan pengelompokan fasilitas yang terstruktur dan jelas. Serta fokus utama pada area kerja yang luas di bagian tengahnya.
Tipe interface semacam ini diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk fokus pada pekerjaan yang tengah dilakukan. Bahkan bagi mereka yang masih pemula, interface Adobe Illustrator CS ini akan sangat membantu.
Tampilan awal

REFERENSI
Buku:
Desain Vector dan Tracing dengan Illustrator, Ciptaan: Hasto Suprayogo
Web:
http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Illustrator
https://astayoga.wordpress.com/2009/02/19/mengenal-adobe-illustrator/
http://tipstrikillustrator.blogspot.com/2014/07/pengertian-dan-sejarah-adobe-illustrator.html
http://sapibertelor.wordpress.com/2012/07/14/apa-itu-adobe-illustrator/
http://riccahelvitiana.blogspot.com/2014/03/kelebihan-dan-kekurangan-adobe.html

Kamis, 06 November 2014

TUGAS SOFTSKILL 2

Nama  : Yesaya Samuel W
NPM   : 57412808
Kelas   : 3IA18


1.            Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain
Di dalam sebuah pembuatan desain banyak hal yang dapat mempengaruhi unsur-unsur dalam pembuatan sebuah desain. Ada dua unsur yang sangat berpengaruh akan adanya pembuatan desain, yaitu kebudayaan dan teknologi.
Kebudayaan
Penggunaan simbol atau tokoh heroik dari budaya masa lalu mewakili sudut pandang tertentu dari sebuah pembuatan desain, dimana desainer harus memperhatikan aturan-aturan peranan yang dimainkan oleh budaya, agar tidak terjadi sebuah kesalahan sistematis yang kurang diinginkan. Dan desainer juga harus memperhatikan kelas sosial agar dapat memberikan hasil terbaik terhadap perilaku konsumen yang menginginkannya.
Teknologi
Teknologi sangat mempengaruhi bagaimana pembuatan desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam selera gaya, atau seni yang dibuat hanya dengan tujuan mengekspresikan rasadi kalangan masyarakat itu sendiri secara sebagian ataupun keseluruhan, yang akhirnya tercermin dalam bentuk sebuah model desain yang akan diproduksi bahkan ditawarkan kesejumlah pengamat grafik. Apalagi kemajuan teknologi sekarang ini desain grafis menjadi sangat mudah untuk di operasikan, dari mulai pembaharuan software yang dirancang untuk menampilkan desain-desain terbaru, hingga pengunggahan yang dapat menghasilkan uang dari beberapa model dinamis karya seorang desainer ke sebuah internet, serta memudahkan desainer menjadi lebih mudah dalam mengembangkan imajinasinya. Maka teknologi pun akhirnya menjadi sarana untuk mempermudah realisasi pembuatan model dengan menyediakan beberapa teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Dari contoh simpel tadi dapat di simpulkan perkembangan teknologi merupakan sesuatu hal yang sangat baik di dalam segala bidang, apabila di diimbangi dengan pemikiran positif dari penggunanya.




2.            Bidang studi yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafis

Bidang studi yang berkaitan dengan Desain Pemodelan grafis yaitu: 
1.      Teknik elektronika & ilmu komputer
Sebagai bidang studi yang berperan dalam memberikan wadah dalam pembuatan pemodelan grafis di media elektronika.
2.      Psikologi
Sebagai bidang studi yang berperan dalam pemahaman sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, keterampilan sebuah pemodelan grafis.
3.      Ergonomik
Sebagai bidang studi yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan sebuah pemodelan grafik yang dilihat dari sisi penglihatan manusia secara ril.
4.      Antropologi
Sebagai bidang studi yang berperan dalam ilmu pengetahuan tentang manusia, jadi pembuatan pemodelan grafis dilihat dari aspek ilmu pengetahuan yang ada pada manusia.
5.      Linguistik
Sebagai bidang studi yang merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa, jadi dalam pembuatan pemodelan grafis aspek bahasa dituangkan dalam sebuah karya pemodelan grafis.
6.      Sosiologi
Sebagai bidang studi yang berperan dalam pengaruh struktur sosial, jadi unsur-unsur sosial dapat dituangkan di dalam pembuatan suatu pemodelan grafis.




3.            Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam Berbagai Bidang

Budaya
Seperti yang kita tau bahwa desain pemodelan grafik dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya. Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif) tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa. Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi.

Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya. Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.

Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

Ekonomi
           Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain produk suatu perusahaan. Misalnya suatu produk mobil perusahaan besar, mobil tersebut didesain semenarik mungkin agar mobil tersebut dapat banyak dilirik oleh banyak konsumen dan akhirnya mobil tersebut banyak terjual dan perusahaan pun mendapati keuntungan yang sangat besar.






Referensi:
http://www.academia.edu/4904026/INTERAKSI_MANUSIA_DAN_KOMPUTER_Pengampu_Idhawati_Hestiningsih